Untaian Kata

Saturday, March 25, 2006
**Meredam Marah **


Bersitegang dengan teman atau bos di kantor, pasti kerap Anda rasakan. Hati boleh panas, tetapi kepala harus dingin. Belajar mengontrol reaksi yang dapat menimbulkan kemarahan merupakan hal susah-susah gampang. Mau tahu caranya ? Ingat-ingat saja pelajaran yang Anda dapat saat duduk di TK!!!

^_*Istirahat sejenak Jika kemarahan sudah sampai di ubun-ubun, kerjakan apa saja untuk menenangkannya. Yang termudah pergi dari situasi itu. Jadi, minta izin untuk meninggalkan rapat sebentar, ambil nafas di udara segar, atau basuh muka di toilet. Dengan adanya perubahan udara, situasi, Anda akan kembali ke ruang rapat degan emosi yang sudah mereda.

^_*Alihkan perhatian mengalihkan perhatian, kalimat ini sangat sering kita dengar dari guru di TK. Agar siswa ciliknya tak ngambek atau ribut di kelas, guru biasanya memindahkan memindahkan perhatian dari satu aktifitas yang tak disenangi anak ke kegiatan positif.Teknik serupa bisa Anda terapkan saat emosi mulai meninggi. Putar kursi yang sedang Anda duduki, hadapkan pandangan ke luar kantor. Kemarahan Anda bisa mereda.

^_* Jangan marah- marah menunjukkan anda memiliki kekurangan untuk mengontrol diri sendiri. Untuk mengatasi hal ini, hitunglah sampai 10, tarik nafas dalam,keluarkan perlahan. Bayangkan Anda sedang meniup balon. Kelebihan oksigen ini akan memberi kesempatan untuk relaks sehingga hormon adrenalin turun, dan rasa marah pun hilang perlahan-lahan.

^_* Tak boleh ada sentuhan fisik memukul, melempar, atau kekerasan fisik lainnya adalah tabu. Jika Anda merasa harus mengeluarkan emosi yang amat berat, coba ke luar ruangan, berjalan, pergi ke kantin, atau ke mana saja.

^_* Jangan jadi pengganggu Sering kan, ini terjadi di arena permainan anak, di jalan, dan dimana saja. Ketahuilah para pengganggu tidak punya harga diri dan rasa percaya diri. Coba, deh, intronspeksi, apakah Anda tipe pengganggu.

^_* Tinggalkan masalah di luar dari pada membawa rasa frustasi di rumah ke kantor, biarkan emosi mereda dulu. Hilangkan beban kemarahan di pagi hari begitu Anda berjalan dari tempat parkir ke ruangan kerja. Ingat, kan, dulu kalau ada teman yang ngambek atau menangis, ia digiring dulu ke luar kelas oleh bu guru dan baru kembali setelah tenang?

^_* Perlakukan orang lain seperti anda ingin diperlakukan Ingat, kan ibu guru di TK selalu mengatakan hal ini? "Kalau nggak mau dicubit, jangan mencubit, dong. Kasihan, kan, temanmu sakit." Entah berapa ratus atau ribu kali ibu guru dan ibu kita mengatakan hal itu semasa kecil dulu. Intinya, perlakukan orang lain dengan hormat dan sopan. Sebagai balasannya, Anda akan diperlakukan sama.

^_* Pilih kata-kata dengan cermat berhati-hatilah, jika menggunakan kata-kata seperti "Tidak pernah" atau "selalu" saat membicarakan diri sendiri atau orang lain pernyataan-pernyataan itu apa yang Anda rasakan sementara Anda tak bisa memecahkan masalahnya.Nah, bagaimana mungkin bos bakal mengajak Anda sebagai tim kerjanya?

^_* Corat-coret gunakan humor untuk menolong menenangkan kemarahan. Gambar orang yang menyebabkan Anda marah dan tulis kata-kata yang artistik. Menggambar atau melakukan hal kreatif lainnya, biasanya akan menipiskan tingkat kemarahan.

^_* Tanya diri sendiriDi lain kesempatan, jika seseorang atau suatu masalah membuat Anda kesal, tanyakan pada diri sendiri, "Apa perlu saya jadi stress gara-gara ini?" Jika jawabannya "Ya", bawa masalah ini ke atasan untuk dicarikan jalan keluarnya. Jika tidak, ya, biarkan saja berlalu.




-->-->
posted by ~><~ ArIeN ~><~ @ 3:01 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 

Profil Ku


Biodata ku
Nama : ~><~ArIeN~><~ Lokasi : Cairo Egypt
Hobby : Menari, koresponden, jalan- jalan, baca, musik deelel
HomeTown : Palembang
About me : Aku adalah blue angel...hueheuheue...!!

Putaran Waktu


EmpE Three

MySpace Layouts


Postingan Arien

Arsip bulanan
Pesan- pesan
4r1En

AAmorous
RRefreshing
IInnocent
EExciting
NNormal

Nama mU:


Cleo~BloG

Menjelajahi Dunia Kita

Judul Baru
  • Friendship
Image Hosted By
Thank's to

Visit Me Klik It
BLOGGER
15n41n1

StaT Site
Web Site Counters
Blog ku dah terkunjungi sebanyak ini
TODAY

Links
Blog Link

  • Berkarya di dunia maya

  • kuncup

  • Alyza

  • NOUSH