Untaian Kata

Friday, March 24, 2006
*_* Keutamaan Bulan Muharram *_*
Bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan yang dimuliakan (diharamkan) oleh Allah swt sejak diciptakannya langit dan bumi yaitu (Dzulqa'dah Dzulhijjah, Muharram dan Rajab) maka dilarang untuk berperang didalamnya. Allah berfirman:


"Sesungguhnya jumlah bulan di kitabullah (al quran) itu ada dua belas bulan sejak Allah menciptakan langit dan bumi, empat diantaranya adalah bulan-bulan haram" (QS. At Taubah: 36).

Rasululah bersabda:
Pada bulan muharram ini kita disunnahkan untuk berpuasa, dan itu merupakan puasa yang paling utama setelah puasa ramadhan,dan dlm hadist beliau juga menjelaskan bahwa puasa pada hari' asyura(10 dzulhijjah) bisa menghapuskan dosa-dosa setahun yg telah lewat.
Dari Abu Hurairah ra Rasululllah rBersabda: "Sebaik-baik puasa setelah puasa ramadhan adalah puasa dibulan muharram, dan sebaik-baik shalat stelah shalat fardhu adalah shalat malam" (HR. Muslim).

^_^Dari Abu Qatadah ra. Rasululllah ditanya tentang puasa hari 'asyura beliau bersabda^_^:
" Saya berharap ia bisa menghapuskan dosa-dosa satu tahun yang telah lewat" (HR. Muslim).Hanya saja puasa dibulan ini ada beberapa tingkatan, yang paling sempurna adalah Berpuasa tiga hari, sehari sebelumnya dan sehari sesudahnya, yaitu puasa tanggal 9,10 dan 11 Dzulhijjah.

^_^ Tingkat kedua yaitu berpuasa pada hari itu dan satu hari sesudah atau sebelumnya, yaitu puasa tanggal: 9 dan 10, atau 10 dan 11.

^_^ Tingkat ketiga yaitu puasa pada tanggal 10 saja, hal ini karena ketika Rasulullah memerintahkan untuk puasa pada hari 'asyura para shabat berkata: itu adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang yahudi dan nasrani, beliau bersabda: jika datang tahun depan insya Allah kita akan berpuasa hari kesembilan, akan tetapi beliau meninggal pada tahun tersebut". (HR. Muslim).
posted by ~><~ ArIeN ~><~ @ 3:53 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 

Profil Ku


Biodata ku
Nama : ~><~ArIeN~><~ Lokasi : Cairo Egypt
Hobby : Menari, koresponden, jalan- jalan, baca, musik deelel
HomeTown : Palembang
About me : Aku adalah blue angel...hueheuheue...!!

Putaran Waktu


EmpE Three

MySpace Layouts


Postingan Arien

Arsip bulanan
Pesan- pesan
4r1En

AAmorous
RRefreshing
IInnocent
EExciting
NNormal

Nama mU:


Cleo~BloG

Menjelajahi Dunia Kita

Judul Baru
  • Friendship
Image Hosted By
Thank's to

Visit Me Klik It
BLOGGER
15n41n1

StaT Site
Web Site Counters
Blog ku dah terkunjungi sebanyak ini
TODAY

Links
Blog Link

  • Berkarya di dunia maya

  • kuncup

  • Alyza

  • NOUSH